Sekilas Tentang XHTML

Kalau Anda mengenal HTML jangan sampai lupa untuk mengenal XHTML. XHTML atau Extensible Hypertext Markup Language adalah bahasa baru yang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C). XHTML sebenarnya merupakan gabungan dari XML dan HTML.

Tujuan dibentuknya XHTML adalah untuk menggantikan kedudukan HTML, kehadirannya (XHTML) bukan hanya semata-mata menggantikan kedudukan XHTML tetapi diharapkan adanya bahasa standar dalam mendesain web. XHTML akan menetapkan aturan-aturan baru dalam pemformatan dokumen yang dulu masih dimaklumi oleh HTML. Jadi, dokumen XHTML tidak bisa ditampilkan dengan baik apabila aturan-aturan dalam XHTML dilanggar.

Kategori XHTML diantaranya :
1. Strict.strict doctype declaration : penggunaan doctype ini, Anda mengontrol seluruh layout dan format sebuah halaman web melalui CSS, tidak menggunakan tag font dan table (deprecated). Persentasi harus benar-benar dipisahkan.
2. Transitional/transitional doctype declaration : Anda dapat menggunakan sebagian besar tag-tag HTML seperti background color, Font dan Table untuk layouting halaman web.
3. Frames/framset declaration : Mendukung penggunaan Frame pada halaman Web. “Dikutip dari buku Jurus Jitu Web Master Freelance”.