Sekilas Tentang HTML

HTML (Hypertext Markup Languange) adalah suatu bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. HTML itu bahasa yang fleksibel karena tidak tergantung pada suatu platform (sistem operasi) tertentu. jadi HTML bisa dibaca di platform windows, Mac OS maupun linux. HTML hadir di jagat maya sejak tahun 1990-an, pengembangan HTML sendiri merupakan ide dari TIM Berner Lee. HTML terdiri dari tag-tag yang mendefenisikan elemen tertentu pada sebuah halaman web.

HTML merupakan bahasa yang tidak case sensitive tidak seperti bahasa pemograman server-side, seperti PHP atau ASP. Contohnya untuk menebalkan dokumen anda bisa menggunakan tag <b> atau dengan huruf kapital <B>, HTML dalam hal ini memakluminya. HTML merupakan pengembangan standar pemformatan dokumen teks, yaitu SGML (Standar Generalized Markup Language).“Dikutip dari buku Jurus Jitu Web Master Freelance”. 

I. Cara Menuliskan HTML

Pada dasarnya dokumen HTML memiliki tiga tag utama, yaitu HTML, HEAD, dan BODY. Tag HTML digunakan untuk menyatakan suatu dokumen HTML, tag Head untuk menyimpan atau menampilkan informasi tertentu dan tag BODY untuk menampilkan isi dokumen HTML.

Struktur penulisan dokumen HTML sebagai berikut :

<html>
<head>
    <title> www.websaya.com</title>
</head>
<body>
    <h1 align="center"> SELAMAT DATANG DI WEBSITE SAYA</h1>
</body>
</html>

Gambar Tampilan web di Internet Explorer